Rabu, 04 Maret 2009

Sejarah desa tengklik


SEJARAH DESA TENGKLIK

Mengapa harus tengklik? Zaman dahulu tenglik belum terdapat penduduk desa seperti sekarang. konon dulu di desa ini hanya terdapat satu rumah penduduk desa. rumah tersebut berada di puncak bukit dan dari kejauhan rumah tersebut terlihat "NENGKLIK" dan lambat laun desa tersebut dinamai "TENGKLIK". penduduk tengklik sekarang berjumlah lebih dari 350 jiwa(di rumah). kebanyakan penduduk desa berada di perantauan dan mereka sekarang kebanyakan telah sukses di perantauan. alamat desa tengklik adalah Tenglik Katongan Nglipar Gunungkidul Yogyakarta.



Di Tengklik juga terdapat nama- nama desa lainya tapi masih termasuk desa tengklik di antaranya adalah "NJAMBU" tempat ini dinamakan Njambu karena zaman dulunya tempat ini terdapat banyak pohon jambu. waktu itu orang-orang suka memetik buah jambu di tempat ini. Karena mereka ingin mengabadikan tempat tersebut maka tercetuslah desa tenglik di sebelah barat daya dinamai "NJAMBU".



Di tempat lain terdapat sebuah tempat yang tepatnya di sebelah tenggara yaitu Mbunder. Tempat ini dimai Mbunder karena lokasinya berbentuk setengah bundaran . ini dikarenakan sungai Oyo yang melintasi sepanjang desa tenglik sebelah timur hingga selatan membelok membentuk semacam setengah lingkaran, itulah mengapa tempat ini dinamai mbunder.


1 komentar:

  1. kurang kreatif dan pembrowseran gambar terlalu ringkas... kurang menarik

    BalasHapus